Lulus 100%, Rayakan Dengan Siram Air

Para Simpei dan Kenshi Unesa yang turut meramaikan acara Gashuku dan UKT di Dojo PJB Ketintang, Surabaya.

Surabaya – Perasaan senang tidak bisa ditutupi oleh tujuh Kenshi Unesa  setelah dinyatakan lulus oleh Simpei penguji dalam kegiatan Gashuku dan UKT (Ujian Kenaikan Tingkat) yang dilaksanakan di Dojo PJB Ketintang, Surabaya, 16-17 November. Ada sembilan Dojo di Surabaya yang mengikuti Gashuku dan UKT. Salah satu Dojo berasal dari luar kota, yaitu Dojo Semen Gresik. Dari sembilan Dojo tersebut, total ada 108 Kenshi yang mengikuti UKT, antara lain 77 Kenshi lulus ke Kyu-IV, 23 Kenshi lulus ke Kyu-III, dan 8 Kenshi lulus ke Kyu-II.
Ada tiga peristiwa penting dalam kegiatan tersebut. Pertama, Dojo PJB Ketintang, Surabaya, akhirnya resmi menjadi Dojo baru. Kedua, pengumuman hasil ujian. Ketiga, ada kabar duka dari Kenshi Ubaya bahwa salah satu Kenshi yang bernama Maulana Firdaus telah meninggal dunia.
Selama dua hari mengikuti kegiatan, Kenshi Unesa mendapatkan banyak pelajaran terutama dalam mengupdate gerakan dan teknik yang selama ini dipelajari di dojo. “Banyak gerakan yang berbeda waktu latihan, pei. Simpeinya juga teknik menguncinya beda-beda. Aku jadi bingung mau ngikutin siapa.” curhatan Elza saat istirahat. Tidak hanya Elza yang merasa janggal dengan updatean saat Gashuku, teman-teman seperjuangannya pun merasakan hal yang sama. Meskipun di tengah-tengah kebingungannnya, dia akhirnya lulus menuju Kyu-III. Berbeda dengan Zubad, dia terlihat percaya diri mengikuti Gashuku dan UKT. Dari Unesa ada tiga Kenshi yang lulus ke Kyu-IV, tiga Kenshi lulus ke Kyu-III, dan satu Kenshi lulus ke Kyu-II. Semua ini berkat bimbingan dan latihan dari simpei-simpei yang selalu sabar mengajari mereka hingga mereka sendiri dapat menunjukkan kemampuan yang dianggap layak lulus di depan simpei penguji.
Setelah mendapat tradisi “kasih sayang” dari simpei penguji, simpei dari Dojo Unesa merayakan kelulusan para Kenshinya dengan siram air. Tidak terima dengan perlakuan tersebut, mereka membalasnya dengan menyiram balik. Selebrasi siram air tersebut tidak hanya di tempat Gashuku dan UKT saja, tetapi berlanjut hingga di dalam Dojo hingga lantai menjadi basah. Sebagai Kenshi yang bertanggung jawab, simpei dan kohai membersihkan Dojo bersama-sama dengan cara mereka sendiri hingga Dojo menjadi bersih dan kering kembali.

皆さん、おめでとうございます。

Kritik, saran, atau pun pertanyaan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s