Kaleidoskop Kenshi Dojo Unesa 2014

Tak terasa tahun telah berganti. Jika mengingat kembali, ada banyak kegiatan dan kejadian yang kami alami. Selama setahun ini kami belajar banyak hal dan semakin mempererat tali persaudaraan kami. Pengalaman yang begitu berarti hingga terpatri di dalam dada kami.

Eheeem…. cukup puitisnya.

Berikut ini adalah kegiatan-kegiatan yang kami laksanakan selama setahun alias perjuangan pengurus dojo kepengurusan 2013/2014. Check this out!

1. Latihan rutin

Seperti yang sudah diketahui bahwa tempat latihan di kampus Unesa dibagi menjadi dua, yaitu kampus Unesa Ketintang dan kampus Unesa Lidah Wetan. Kenshi dari masing-masing kampus dapat memilih jadwal latihan yang bisa mereka ikuti dan kenshi bisa saling kenal dan semakin mempererat tali persaudaraan. UKM Kempo Unesa terbuka untuk umum. Bagi orang luar Unesa yang ingin latihan Kempo bisa langsung datang ke kantor sekretariat kami atau langsung datang pada saat latihan. Jadwal latihan bisa dilihat DI SINI.

2. Kumpul Bersama Senpai-Kouhai

Di dalam Janji Kempo terdapat kalimat “Kami berjanji akan selalu bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, menghormati atasan, tidak meremehkan bawahan, saling mengasihi dan saling menolong.” Kalimat tersebut memiliki makna yang sangat dalam dan kami realisasikan seperti pada kegiatan berikut ini:

1) Kumpul setelah latihan

Cara kami mempererat hubungan antara Senpai-Kouhai adalah dengan kumpul bareng setelah latihan. Mengistirahatkan badan yang capek memang sangat diperlukan. Oleh karena itu Kenshi Kempo Unesa memanfaatkan kesempatan itu untuk kumpul bersama di kantor sekretariat. Tidak hanya melepas lelah saja, tetapi juga digunakan sebagai ajang evaluasi selama latihan, rapat, curhat problem perkuliahan, memecahkan masalah dalam pengdo, cinlok, dan lain-lain. Dari sini kami bisa mengetahui sifat dan kepribadian tiap Kenshi.

2) Nonton Bareng (Nobar)

Jika ada Kenshi yang membawa laptop dan punya koleksi film yang layak tonton, kami memanfaatkan momen tersebut untuk nobar di kantor sekretariat. Genre film disesuaikan dengan permintaan penonton. Nobar biasanya dilakukan setelah latihan. Yang kami tonton nggak hanya film saja, tapi juga video yang lain. Jika mendekati event kejuaraan maka yang ditonton adalah video kejuaraan yang pernah direkam sebelumnya untuk evaluasi dan mempelajari strategi yang harus digunakan pada saat kejuaraan nanti.

3) Touring Ke Pulau Sempu

Saat liburan kuliah tiba, kami terkadang bersiap diri untuk mengadakan tour. Berbekal keinginan yang kuat, jiwa bolang (bocah petualang), serta akomodasi pribadi yang pas-pasan, tahun ini kami memutuskan untuk melakukan touring ke Pulau Sempu. Tanoshikatta ^_^

sempu

4) Sholat berjamaah

Sebagai umat beragama, sholat lima waktu wajib dilaksanakan. Kami biasa melakukannya di masjid atau di kantor sekretariat setelah latihan sambil nunggu konsumsi datang.

5) Makan bersama

Tenaga yang terkuras setelah latihan membuat perut keroncongan. Kalau sudah seperti itu, ada pasukan khusus yang akan membelikan asupan gizi berupa jus buah atau nasi. Bayar sendiri-sendiri tapi. Kami menghabiskannya bersama-sama di kantor sekretariat tercinta. Saat hari kedua Idul Adha, malam harinya kami bakar sate bersama. Hontou ni tanoshikatta desu.

3. Workshop

Dalam rangka melaksanakan program Koni kota Surabaya untuk meningkatkan tri sukses cabang olahraga, PERKEMI kota Surabaya ditunjuk untuk melaksanaka acara workshop yang dilaksanakan pada Minggu pagi (8/12/2013) di Auditorium FIK Universitas Negeri Surabaya dengan tema “meningkatkan kompetisi olahraga prestasi beladiri kempo”. Pengurus Dojo (Pengdo) yang mengikuti acara tersebut yaitu pengdo UNESA, pengdo UNAIR, pengdo UNTAG, pengdo ITS, pengdo UBAYA, pengdo PJB, pengdo Narotama, dan pengdo PERAK. Acara yang terdiri dari tiga materi, yakni ‘Kecemasan Dalam Bertanding’ dengan pembicara bu Meta,  ‘Manajemen Kejuaraan Shorinji Kempo’ dengan pembicara Dr. Ibnu Widagdo, MM., dan ‘Sosialisasi Materi Shorinji Kempo Kurikulum Baru 2012’ dengan pembicara dr. Juli Soemarsono Sp.PK(K), mendapat respon yang baik dari peserta. Di akhir acara ada sebuah saran yang sangat membangun dari senpai hakam yakni tentang nasehat kepada para kenshi yang terutama sebagai atlit, “ bangunah diri kalian sebagai seorang kenshi, kenshi yang benar-benar kenshi yang memiliki jiwa bushido, boleh mempunyai visi dan misi, seperti mengikuti kempo untuk bisa mengikuti kejuaraan dan masuk di sekolahan negri, tidak apa-apa asalkan kalian sudah benar-benar menjadi seorang kenshi” tutur senpai Hakam yang menambah hikmat acara tersebut,dalam saran yang di berikan juga berisi motto “akhiran i” ambisi, pelatih, gizi, prestasi, dan  yang terakhir rejeki.

4. Ujian Kenaikan Tingkat (UKT)

Tanggal 5-6 April 2014 pengkot mengadakan UKT di Dojo PJB. Kami mengikuti ujian menuju tingkat kyu IV, kyu III, kyu II, dan kyu I.

Tanggal 18-19 Oktober 2014 pengkot mengadakan UKT di kampus UWM Pakuwon Surabaya. Pada UKT ini kami mengikuti ujian menuju tingkat kyu IV dan kyu III.

5. Buka Puasa Bersama

Tanggal 12 Juli 2014 kami mengadakan bakti sosial bersama anak yatim di Panti Asuhan Al-Huda, Karah, Surabaya. Acara ini bertujuan untuk mengakrabkan antaranggota dan membantu sesama terutama bagi yang membutuhkan. Selain itu bisa menambah pahala.

6. Kejuaraan

Tanggal 25-27 Agustus 2014 pengkot mengadakan Kejuaraan Internasional Piala Walikota Surabaya. Kejuaraan ini merupakan kejuaraan bertaraf internasioanl pertama kali yang pernah diadakan di kota Surabaya. Dalam kejuaraan ini Kenshi Unesa menjadi Panitera.

Dalam kejuaraan tersebut, kami bertemu dengan kenshi dari berbagai daeerah. Beberapa diantaranya menarik perhatian kami, seperti Smile boy Ahmad Fauzi Syahputra, Si kembar Naris dan Faris, dan peserta dari negeri tetangga, Malaysia. Tanggal 14-15 November 2014 Kejuaraan Piala Koni mendapat juara 2 diwakili tim Kiseki, Kaminari, dan Quarter Victory.

7. Expo UKM Unesa

Agar kepengurusan dojo bisa digantikan generasi berikutnya, kami harus menambah anggota dengan mengikuti Expo UKM. Promosi yang kami lakukan adalah dengan cara menyebar brosur dan demo embu.

8. Gasshuku dan MA

Tanggal 12-14 Desember 2014 kami melaksanakan gasshuku dan MA di villa DPRD Pasuruan.

 

9. Berita Duka

Tidak ada yang tahu kapan kita akan mati. Di penghujung tahun 2014 ini kami mendapat berita duka dari sensei tercinta. “Berita duka, telah meninggal dunia Sensei dr. Juli Soemarsono Sp.PK(K) pada malam ini (24/12) di RS Dr. Soetomo Surabaya. Kami segenap pengurus PERKEMI Kota Surabaya dan seluruh kenshi kota Surabaya turut berbela sungkawa yang sedalam-dalamnya atas kepergian beliau. Semoga seluruh amal dan ibadah beliau diterima di sisi Allah SWT.” Selamat Jalan Yuli-sensei.

Itulah tadi kegiatan ataupun kejadian yang kami alami selama setahun kepengurusan. Harapan kami di penghujung tahun ini adalah semoga kita bisa evaluasi diri dari apa yang sudah terjadi sehingga menjadi kenshi yang bermanfaat bagi yang lain. Dan semoga di tahun 2015 kita masih diberi nikmat sehat, banyak rezeki, dan kesempatan untuk bisa berkumpul dan bertemu dengan keluarga, teman, sensei, senpai, dan kouhai.

Aamiin!!!!

Terima kasih banyak atas kerjasamanya. Tahun depan mari kita berjuang lagi!

皆さん、お疲れ様でした。来年もよろしくお願いします。

Demi Tanah Air, Demi Persaudaraan, Demi Kemanusiaan.

Kritik, saran, atau pun pertanyaan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s