Upacara Tradisi Kempo

Setiap akan memulai latihan, hal yang mesti dilakukan adalah didahului dengan upacara tradisi kempo. Upacara ini biasanya dilakukan setelah selesai stretching / peregangan. Salah seorang kenshi akan memimpin di depan menghadap ke barisan kenshi yang lain (barisan sesuai kyu).

Belajar Shorinji Kempo, salah satu tujuannya adalah berlatih teknik Shorinji Kempo (ini pasti), meningkatkan kemampuan fisik (ekkin gyo) -supaya tetap sehat dan bugar- serta meningkatkan spiritual, semangat (chingkon gyo) -hati senang, optimis-.

Nah dari tujuan tersebut, maka sangat perlu untuk menyiapkan mental sebelum latihan. Dari hal-hal keseharian (kerja, sekolah, istirahat dll) masuk ke atmosfir latihan. Untuk itu perlu pemanasan sebelum latihan. Salah satu nya adalah dengan seiku (meditasi) melalui chosuko, menempatkan pikiran kita ke suasana latihan, ‘inilah saatnya latihan’ serta jangan lupa seigan (sumpah) yang dilakukan secara bersama, diucapkan dengan keras, sehingga memberi kesan dan makna di setiap kata yg diucapkan.

DSC09993

Melakukan chosuko pada posisi duduk zazen, bersila kaki kanan dibawah kaki kiri, meluruskan tulang belakang, tangan kesshu, mata sedikit tertutup. Pusatkan perhatian ke cara bernafas. Pernafasan merupakan sumber kehidupan, memperbaiki sirkulasi oksigen ke otak. Setiap tarikan nafas, rasakan dan imajinasikan kekuatan energi kehidupan memasuki raga anda melalui hidung, ketika melepas nafas, rasakan dan imajinasikan, semangat dan kobaran energi ki mengisi raga anda…

Selamat berlatih!

Iklan

Kritik, saran, atau pun pertanyaan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s