Gasshuku dan Ujian Badge Dojo 6-8/7/2012

     Gasshuku* dan Ujian Badge pada waktu itu (6-8 Juli 2012) benar-benar berbeda dari biasanya. Pada tahun-tahun sebelumnya mayoritas peserta ujian adalah dewasa, sedangkan waktu itu mayoritas peserta ujian adalah pemula alias anak-anak. Tapi yang kawak-kawak juga nggak mau ketinggalan lho. Dan satu lagi, kami kedatangan tamu kehormatan dari Dojo Jombang. Apa saja sih yang sudah terjadi? Langsung saja, kita simak ceritanya!

Hari Pertama

     Jadwal keberangkatan menuju tempat gasshuku adalah pukul 15.30 WIB. Seluruh kenshi sudah berkumpul di dojo sebelum keberangkatan.

Karena kendaraannya belum juga datang, kami menunggu sambil…

CIMG2001

Main catur…

CIMG1992

Belajar… belajar…

CIMG2000

CIMG2035

Kami berangkat pukul 16.30 WIB dengan kendaraan TNI.

CIMG2019

CIMG2022

CIMG2041

Senpaitachi* ada yang naik motor juga lho.

CIMG2044

IMG_0015

Gasshuku kali ini diadakan di villa Cahaya, Trawas, Mojokerto.

——————–

     Setelah perjalanan panjang akhirnya sampai juga. Waktunya pembagian kamar! Sebelum ke kamar masing-masing, narsis dulu.

CIMG2054

CIMG2055

CIMG2060

Ada yang tahu siapa saja yang ada di foto ini?

Wkwkwkwkwkwkwkkkkk….

     Setelah pembagian kamar dan meletakkan barang bawaan, kami tidak langsung tidur. Hal pertama yang kami lakukan adalah berkumpul bersama di ruang tengah dan saling memperkenalkan diri untuk mengakrabkan suasana baik  dari kenshi Dojo Unesa sendiri maupun dari kenshi Dojo Jombang.

DSC09815

DSC09813

     Setelah saling kenal, kami dibagi menjadi empat kelompok untuk acara malam inagurasi dan berkumpul sesuai dengan kelompoknya. Kemudian, waktunya makan malam (laper). Dilanjutkan dengan ujian tulis

Hiks… ujian… lulus nggak ya?

DSC09818

DSC09821

DSC09830

DSC09820

Ujian selesai. Waktunya free time!!! Nggejreng gitar…. request lagu apa nih?

DSC09829

Bilyard!!!

DSC09839

     Tak terasa malam semakin larut hingga memaksa kami untuk naik ke kasur empuk (yang kasurnya empuk lho ya) dan mimpi indah. Besok adalah gasshuku dan  ujian badge.

——————–

Hari Kedua

     Diawali dengan bangun pagi, mandi, sholat, dan persiapan olahraga. Kami olahraga di area kolam renang. Dimulai dengan pemanasan, gerakan inti, kemudian dilanjutkan dengan permainan (game). Yang memandu permainan adalah Semuel-senpai. Permainannya menuntut konsentrasi, ketangkasan, dan kekompakan kenshi. Mulai dari tebak angka, tebak benda, lari-larian, apa lagi ya… pokoknya seru >_<

IMG_0034

IMG_0036

IMG_0059

IMG_0045

IMG_0071

IMG_0075

IMG_0074

Setelah main game dan bernarsis ria, kami sarapan ^^

——————–

     Memasuki kegiatan inti. Para kenshi sudah siap menerima materi gasshuku. Kenshi dipisah sesuai dengan tingkatan masing-masing. Kami berlatih di ruang dan tempat yang berbeda supaya latihannya enak. Yang ikut ujian dipisah sendiri. Mereka berlatih di kolam renang (bukan berarti disuruh nyemplung). Pada sesi ini teknik dan pengetahuan tentang kempo diupgrade sedemikian rupa untuk bekal di dunia dan akhirat. Pukul 12.00 WIB kami ishoma, kemudian pukul 13.00 WIB lanjut latihan lagi.

DSC09993

DSC09970

DSC09978

DSC09966

IMG_0100

IMG_0092

IMG_0120

Waktunya istirahat… Makan dulu ah!

DSC09998

DSC00001

DSC00004

DSC00015

Ujian praktek bagi yang ujian badge pun dimulai.

——————–

     Pada malam inagurasi, semua peserta gasshuku dan ujian dibagi menjadi empat kelompok. Kelompok 1 menamakan diri mereka Top One, kelompok 2: Samurai, Kelompok 3: Tahu, dan kelompok 4: BBM (au ah, singkatannya apa). Seperti pada umumnya, tiap kelompok harus meneriakkan yel-yel kebanggaan masing-masing kemudian menampilkan sesuatu yang bisa menghibur kelompok yang lain sebanyak dua kali dengan penampilan yang berbeda. Berikut ini penampakan dari penampilan masing-masing kelompok :

Kelompok Top One

DSC00141

     Pada penampilan pertama, kelompok ini menampilkan “Nyanyi Bareng: Kastol” diiringi petikan gitar dari Sendika-senpai (Huuuu…). Lagu yang dinyanyikan sangat menghibur dan bikin heboh. Dan penampilan keduanya, kami disuguhi Stand Up Comedy dari Sendika-senpai. Yaah…. meskipun rada garing-garing krenyes gitu, cukup menghiburlah.  (Senpai, gomen*. terlalu jujur ya?)

Kelompok Samurai

DSC00171

     Entah karena dipimpin oleh Udin-senpai (baju ijo) atau bagaimana, kelompok ini pada penampilan pertama dan kedua menampilkan drama. Efek keseringan nonton sinetron kali ya?

     Drama pertama menceritakan tentang “Kenshi Mencari Cinta”. (Karena lupa jalan ceritanya, jadi…. cukup sampai di sini). Kemudian drama kedua menceritakan tentang “Latihan Rutin Dojo Unesa”. Di sini beberapa anggota menirukan gaya bicara dan karakter dari senpaitachi* di dojo Unesa.

Kelompok Tahu

DSC00140

     Penampilan pertama kelompok Tahu adalah menyanyikan lagu Papa Rock n’ Roll yang dipopulerkan oleh ‘The Dance Company’, akan tetapi ada perubahan pada beberapa liriknya. Hayooo…. yang merasa, jangan ge-er ya. Hehehe… pisss ini cuma hiburan kok, jadi jangan dianggap serius. Nyantai sis-bro ^^v

     Penampilan keduanya adalah teatrikal dari lagu Berakit-rakit yang dipopulerkan oleh ‘Jamrud’. Yel-yel dari kelompok ini cukup unik dan bikin gemes >_<

Link download yel2 di sini

Kelompok BBM

DSC00168

     Penampilan pertama kelompok BBM adalah membacakan puisi yang isinya tentang sahabat. Pada awalnya pemilihan kata pada puisi tersebut agak ambigu, karena setiap kali dibacakan pasti ada sorak sorai dari penonton. Penampilan kedua mereka adalah menyanyikan lagu yang berjudul “Jangan Menyerah” yang dipopulerkan oleh D’Masiv dengan diiringi gitar akustik.

link download kelompok BBM di sini

     Setelah acara inagurasi, sebagian tidak langsung tidur. Ada yang masih melanjutkan permainan yang dilakukan pada hari pertama, ada yang memindah data foto dan video yang barusan diambil, dalala.

——————–

Hari Ketiga (Hari terakhir)

     Di hari terakhir ini, kami bersenang-senang. Yeeeeeeyy….. Outbond! Tapi jangan dibayangkan pake alat atau apapun itu lho ya, misalnya flying fox, ……, …... Stop, sudah dulu imajinasi liarnya! Kembali ke dunia nyata.

     Kegiatan pagi dimulai dengan jalan-jalan. Sambil jalan, tiap kelompok (masih kelompokkan nih ceritanya) diberi tugas untuk menganiaya secarik kertas buram ukuran F4 sehingga kertas tersebut muat dimasuki anggota kelompoknya.

Dan kelompok yang menang adalah….. Tahu dan BBM.

Tak lupa kami foto bersama ^^

IMG_0273

IMG_0263

Dengan gaya yang berbeda

IMG_0262

Setelah itu kami kembali ke villa untuk sarapan. Setelah sarapan, game masih berlanjut. Kali ini agak gila. Berikut penampakannya.

Marionette hidup *bukan nama yang sebenarnya sih. asal kasih nama aja. Pada permainan ini, seluruh anggota kelompok harus saling mempercayai dan saling komunikatif satu sama lain melalui beberapa utas tali rafia. Ujung yang satu diikatkan pada pergelangan tangan, pergelangan kaki, pinggang, dan leher temannya, dan ujung yang lain dipegang oleh anggota lain untuk mengarahkan temannya untuk mengumpulkan bola sebanyak-banyaknya dalam waktu 3 menit.

IMG_0282

Mana bolanya…. Mana bolanya….

DSC00207

Permainan kedua adalah Benteng-Bentengan.

Jaga bentengnya!!! Eits, narsis dulu.

DSC00224

DSC00223

Kelompok yang kalah harus menerima hukuman. Hukumannya adalah disuruh menari ^^

     Tak terasa hari sudah siang. Waktunya makan lagi. Setelah itu kami packing dan bersiap-siap meninggalkan villa. Setelah semuanya beres, kami meninggalkan villa sekitar pukul 13.00 WIB dengan cuaca yang mendung disertai hujan gerimis. Kami tiba di dojo sekitar pukul 16.00 WIB kemudian pulang ke rumah masing-masing dengan membawa cerita masing-masing.

     Itulah tadi laporan kegiatan kami. Dari awal hingga akhir narsis abis. Benar-benar menyenangkan. Tsukaretandakedo, chou tanoshikatta*. Otsukaresama deshita*.  \(^0^)/

     Kegiatan kami tidak hanya sampai di sini saja lho. Masih banyak kegiatan yang ingin kami ceritakan pada kalian semua. Sampai ketemu lagi di laporan kegiatan lainnya.

~Sayounara*~

*Keterangan:

Gasshuku = training camp (latihan alam)

Senpai = senior

Kohai = junior

Gomen = maaf

Senpaitachi = para senior

Tsukaretandakedo, chou tanoshikatta = melelahkan sih, tapi sangat menyenangkan.

Otsukaresama deshita = terima kasih atas kerja samanya.

Sayounara = selamat tinggal

NB: Video dari masing-masing penampilan kelompok sedang dalam tahap pengeditan, jadi harap bersabar bagi yang ingin melihat penampilan mereka ^^

Kritik, saran, atau pun pertanyaan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s