Kempo mau masuk TV

Entah ada angin dari mana, Shorinji Kempo Unesa diberi tawaran untuk masuk TV.

     Salah satu stasiun TV swasta, sebut saja JTV, dalam acaranya yang bernama “Sawang Sinawang” selalu menampilkan sesuatu yang berbeda untuk menghibur para pemirsanya. Acara tersebut semacam tukar nasib, namun yang menjadi fokus adalah profesi dari para pesertanya.

     Kali ini Kru TV memutuskan beladiri dan balet sebagai objek. Karena beladiri cabangnya ada banyak, mereka mencarinya di internet. Dalam pencarian itu secara tidak sengaja kru TV menemukan blog Shorinji Kempo Unesa kemudian mengubek-ubeknya (dilihat dari statistik kunjungan blog). Dengan segera mereka menelepon CP yang tertera di sana. Awalnya mereka mengira kalau Shorinji Kempo adalah Judo. Meskipun sama-sama beladiri asal Jepang, keduanya jelas berbeda. Hal itu sudah dijelaskan oleh Puguh, selaku Ketua Dojo yang dihubungi pihak JTV. Dari situlah semuanya berawal, Shorinji Kempo Unesa diberi tawaran untuk masuk TV. Tetapi ada syaratnya, yaitu menunjuk perwakilan dari atlet Kempo Unesa untuk bertukar profesi menjadi penari balet. Begitu pula sebaliknya.
ちょっと変だよね。武道と踊りは関係がないんだからね。
Dan… setelah melalui proses seleksi yang cukup panjang (rapat antarkenshi), akhirnya kenshi yang ditunjuk sebagai perwakilan adalah EXCEL. おめでとうございます。    

Hari H

Teresia’s part

     Kamis, 9 Mei 2013 kami berkumpul di Dojo sebelum pukul 09.00 sesuai kesepakatan karena pengambilan gambar dilakukan pukul 09.00 WIB.  Suasananya ramai tidak seperti biasanya, karena semua kenshi berkumpul pada hari itu. Waktu menunjukkan pukul 09.55, namun tidak ada tanda-tanda dari kru JTV yang akan datang. Sambil menunggu, kami memutuskan untuk memulai latihan dengan dipimpin oleh Sendika-senpai. Sekitar setengah jam kemudian, kru JTV datang. Kami bersiap untuk pengambilan gambar sesuai dengan skenario yang sudah dibuat sebelumnya.

     Teresia yang seorang ballerina mengantarkan jam tangan yang sudah dipesan oleh Puguh (sebenarnya Teresia itu ballerina atau sales jam tangan sih?).  Dia meminta maaf karena jam tersebut diantar tidak sesuai dengan waktu yang sudah ditetapkan. Karena Teresia datang pada saat Puguh sedang latihan Kempo, dia tertarik untuk ikut berlatih. Dia merasa latihan beladiri itu gampang, sama halnya dengan menari. Dia meminta izin pada pelatih untuk ikut latihan Kempo sehari saja. Akhirnya dia diizinkan untuk ikut pada hari berikutnya. Namun Teresia merasa tidak adil kalau dia saja yang mengikuti latihan Kempo. Teresia seolah-olah menantang kenshi untuk bertukar profesi dengannya, menjadi ballerina. Dibuatlah kesepakatan dan terpilihlah Excel untuk berlatih balet menggantikan posisi Teresia.

     Semua kenshi termasuk Teresia yang sudah memakai dogi melakukan pemanasan sesuai instruksi dari Andri-senpai.  Saat melakukan tate (push up), Teresia merasa kesulitan mengangkat tubuhnya karena dalam balet tidak ada pemanasan seperti itu. Latihan dilanjutkan dengan kihon. Di tengah-tengah latihan kihon, tiba-tiba kaki Teresia kram. Untung Andri-senpai bergerak cepat sehingga Teresia bisa melanjutkan latihan lagi.

     Latihan mencapai klimaks. Latihan inti kali ini adalah randori. Teresia ditantang untuk melakukan pertarungan satu lawan satu dengan Robi’-senpai. Awalnya Teresia takut melakukannya, tetapi latihan sudah berjalan sejauh ini tidak mungkin dia tidak mencobanya. Akhirnya dia memberanikan diri untuk randori.  Teresia menjadi tim aka (merah) dan Robi’-senpai menjadi tim shiro (putih). Pertarungan berlangsung sengit, namun menghibur.  Dan pertarungan dimenangkan oleh Teresia (sudah ada dalam skenario).

     Dari pengalamannya ini Teresia sadar bahwa kita tidak boleh meremehkan profesi orang lain. Meskipun terlihat gampang, tetapi jika dilakukan sangat berbeda dengan apa yang dibayangkan. Dan dia memutuskan untuk tetap melanjutkan profesi yang selama ini digelutinya yaitu ballerina.

Excel’s part
Kelupaan bagian ini. #plaaak

Karena kenshi kempo tidak ada yang ikut mendampingin Excel dalam pengambilan gambar, report bagian ini diceritakan berdasarkan cerita dari Excel sendiri.

     Setelah pengambilan gambar Teresia’s part selesai, kru JTV melanjutkannya pada bagian Excel’s part. Excel kemudian diajak ke tempat latihan balet. Di sana Excel disuruh untuk mengganti pakaiannya dengan seragam balet dan berlatih balet. Awalnya dia merasa malu untuk mengikuti latihan, karena menurutnya seragam balet itu terlalu terbuka dan dia belum punya pengetahuan dasar tentang balet. Mau tidak mau akhirnya Excel mengikuti serangkaian kegiatan yang sudah diskenario oleh kru JTV.

     Penasaran dengan kegiatan Teresia dan Excel dalam acara “Sawang Sinawang”, saksikan acara tersebut pada hari Senin, 20 Mei 2013 pukul 16.30 WIB hanya di JTV. #ngiklan banget ya!

diedit tanggal 20 Mei 2013 pukul 14.32 WIB

Kritik, saran, atau pun pertanyaan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s