MA Shorinji Kempo Unesa 2013


Bulan November (2013) adalah bulan terpenting bagi kami, karena pada bulan tersebut regenerasi kepemimpinan pengurus Dojo harus dilaksanakan. Kami melaksanakan MA (Musyawarah Anggota) selama tiga hari dari hari Jumat-Minggu (22-24 November). Mungkin ada yang belum tahu apa itu MA. Apa sih MA itu? MA adalah kegiatan musyawarah yang dilakukan oleh pengurus dojo dan anggota untuk menentukan kepengurusan dojo yang baru.

Selama tiga hari itu, kami tidak melulu melakukan MA. Itu hanya judulnya saja. MA bisa dilakukan sehari. Loh, terus hari yang lain ngapain? Demi mempererat kebersamaan, kami melakukan berbagai macam kegiatan yang bersifat kekeluargaan, gotong royong, dan tentu saja bermain sambil belajar.
Semoga yang sudah kami lakukan selama tiga hari itu dapat diambil manfaatnya, bisa dipraktekkan dalam organisasi, dan Shorinji Kempo Unesa bisa menjadi lebih baik. Aamiin.

 

Hari Pertama

Kami berangkat ke tempat kegiatan dengan ber-21 naik kendaraan langganan kami pada hari Jumat setelah sholat maghrib. Sesampainya di lokasi kegiatan, kami menaruh barang bawaan kami di kamar yang sudah ditentukan oleh panitia. Kegiatan MA tahun ini dilaksanakan di Villa Cempaka, Limas, Tretes, Prigen.


 

Setelah menaruh barang bawaan, kami berkumpul di ruang tengah untuk pembagian kelompok, pembacaan susunan acara, pembuatan kontrak belajar, perkenalan antarkenshi, dan ramah tamah.

Susunan acara hari ke-1

 

Satu persatu kegiatan tersebut kami lakukan hingga terbentuklah empat kelompok yang terdiri dari tiga anggota, persetujuan kontrak belajar, saling kenal, dan makan malam. Penamaan kelompok dalam kegiatan ini adalah hasil keputusan tiap kelompok sendiri, bukan dari panitia.

Kelompok 1 = Porsi

Kelompok 2 = Semut Kecil

Kelompok 3 = Tempe

Kelompok 4 = Kupat

Setelah itu kami karaokean bareng. Tak terasa sudah larut malam dan kami harus tidur karena pukul 05.00 WIB harus persiapan senam. Meski begitu, panitia ada yang tetep karaokean sampai menjelang pagi. Tempatnya asyik sih ^_^

 

Hari Kedua

Nyanyi dulu ah! #ngambil mic (masih ketagihan karaokean)
Ehem…

♪Bangun tidur ku terus ngantri kamar mandi. Tidak lupa menggosok gigi. Habis itu wudhu dulu, setelah itu sholat subuh.♪

#langsung berhenti nyanyi gara2 banyak yang protes karena liriknya salah.  hehehe…

Minasan, ohayou gozaimasu1. Begitulah aktivitas kami di pagi hari. Ngantri kamar mandi, tapi nggak mandi. Kapan mandinya? Jadwal mandinya nanti setelah olahraga pagi. Yup, setelah olahraga pagi. Btw, di Villa Cempaka ada lapangan rumput yang ukurannya bisa buat main badminton loh. Ada ring basketnya juga, tapi ringnya cuma satu. Di dalam Villa ada empat kamar tidur, dua kamar mandi, dapur, ruang berkumpul, teras, dan ada ayunan juga. Pokoknya tempatnya asyik!


Setelah senam dengan diiringi lagu dari OST Kuch Kuch Hota Hai, kami nge-game sebentar. Mulai dari permainan tepuk, satu dua dor!, sampai rebutan bola yang cara mainnya seperti American Football. Tidak semua ikut senam ataupun game, Beberapa panitia sedang asyik di dapur meracik minuman hangat dan mempersiapkan sarapan untuk semuanya. Oiya, selama tiga hari tim konsumsi selalu standby di dapur tiap kali jadwal makan akan dilaksanakan. Gochisousama deshita. Tabemono ga oishikatta yo
2. Setelah itu kami bersih diri dan sarapan. Hari pertama kelompok Porsi, Semut Kecil, dan Tempe mendapat jadwal piket. Tugas mereka adalah mencuci piring+membersihkan ruang tengah yang akan digunakan untuk kegiatan selanjutnya, yaitu Pelatihan Kepemimpinan. Pada materi Pelatihan Kepemimpinan yang disampaikan oleh Simpei Udin dan adanya sesi tanya jawab/curhat, peserta banyak belajar tentang birokrasi yang ada di Unesa, kepemimpinan itu sendiri, cara mengajukan proposal kegiatan, dan lain-lain.

Simpei Udin saat mengisi materi kepemimpinan

Seberapa bsarkah tekadmu untuk meniup balon itu?

Setelah itu kami break untuk ishoma dan dilanjutkan materi berikutnya yaitu Penulisan Proposal. Pada kegiatan penulisan proposal, tiap kelompok wajib membuat satu buah proposal dan langsung dipresentasikan. Dari empat kelompok tersebut dihasilkan empat buah proposal, yaitu “Donor Darah”, “Festival UKM Bela Diri”, “Seminar Kesehatan : Manfaat Bela Diri Kempo Ditinjau Dari Segi Kesehatan”, dan “Kegiatan Amal”. Pertanyaan demi pertanyaan ditujukan kepada tiap kelompok demi kejelasan proposal dan kelayakan kegiatan yang diajukan.

Malam Inagurasi

Ini nih, kegiatan yang sudah ditunggu-tunggu. Seperti biasa, tiap kelompok wajib membuat yel-yel dan penampilan yang menunjukkan kekompakan kelompok tersebut.

Kupat.

Beranggotakan Ferdy (FBS), Septin (FMIPA), dan Laili (FT). Mereka mendapat giliran pertama tampil karena berdasarkan penarikan sedotan, mereka mendapat sedotan paling panjang.
Ada yang tahu acara “Pojok Kampung”? Acara berita berbahasa Jawa khas Jawa Timur itu menginspirasi kelompok Kupat untuk menampilkan drama yang meniru acara berita tersebut, dengan Laili sebagai pembawa berita, Ferdy sebagai kameramen, dan Septin sebagai mbok dewor. Seandainya kru “Pojok Kampung” mengadakan open recruitment pembawa berita baru, kami merekomendasikan Laili untuk mengikuti wawancara. 

Semut Kecil.

Beranggotakan Fatah (FIK), Nia (FIS), dan Annisa (FT).
Sejak acara inagurasi dimulai, salah satu anggota Semut Kecil selalu bikin ulah dan nggak bisa diam. Tapi itu yang membuat suasana jadi meriah.
Kelompok Semut Kecil menampilkan bermacam-macam tampilan. Ada tari, nyanyi, dan yang terakhir adalah drama. Sebenarnya mereka itu bingung mau menampilkan apa, yang jelas mereka sudah melakukan semuanya.

Tempe.

Beranggotakan Rifa (FBS), Elis (FIS), dan Wira (FIK).
Kelompok Tempe menampilkan dance cover KFC (Koisuru Fortune Cookies) dari AKB48. Wuih… ternyata Kenshi Unesa juga update berita dunia hiburan Jepang! Jadi pengen request nih. Kapan-kapan menampilkan tarian tradisionalnya juga ya!😀

Porsi.

Beranggotakan Mifta (FMIPA), Juman (FBS), dan Ela (FIS).
Yel-yel kelompok Porsi mengingatkan panitia pada kegiatan Dojo satu tahun yang lalu. Natsukashii 
3
Penampilan mereka saat nyawer dengan diiringi lagu “Oplosan” juga lucu.

Persembahan dari panitia.

Gara-gara yel-yel dari kelompok Porsi, panitia jadi teringat yel-yel kelompok Iwak Tahu yang “Legendaris” yang dikumandangkan satu tahun yang lalu (7/7/2012) pada saat Gashuku dan Ujian Badge @Villa Cahaya, Trawas, Mojokerto.
Karena lupa-lupa ingat, jadi agak berantakan waktu yel-yel. Demo, daijoubu
4   ^_^

Hontou ni tanoshikatta desu5

 

Hari Ketiga

Agenda pagi tentu saja olahraga. Kali ini berbeda dengan yang kemarin (23/11), kami goyang caesar bareng.
Dan tak lupa main game lagi. Ada permainan Tarsan (semacam suit), game PHP (kebalikan), tepuk, dan lain-lain. Pokoknya tiada hari tanpa game.

 

Setelah olahraga pagi, kami bersih diri, sarapan, kemudian persiapan acara MA yang dilaksanakan pukul 10.00 WIB.

Narsis dulu ^^

 Akhirnya kegiatan MA selesai, dan terhitung tanggal 24 November 2013 pukul 12.35 WIB, saudari Elis dan Rifa menjabat sebagai Ketua dan Wakil Ketua Dojo yang baru. Omedetou gozaimasu6

Kami break dulu untuk sholat dan makan. Sekitar pukul 13.45 WIB, acara MA ditutup.
Setelah acara inti (MA) selesai, kami berencana pergi ke Wisata Air Terjun Kakek Bodo yang jaraknnya ±800 m dari Villa Cempaka. Kami ke sana jalan kaki sambil membawa bola sebagai media permainan di lokasi air terjun, kamera untuk dokumentasi kenarsisan dan kebersamaan Kenshi Unesa, dan dua tas kecil untuk mengamankan barang bawaan kami supaya tidak basah. Selain dekat dengan tempat kegiatan kami, karcis masuknya pun murah, hanya Rp 10.000,00/orang.

Siap-siap berangkat ke Kakek Bodo

50 meter lagi menuju pintu masuk

Pintu masuk Kakek Bodo

Foto bareng di air terjun

Kereta-keretaan


Puas main-mainnya, kami langsung kembali ke Villa untuk persiapan pulang. Tak lupa tradisi ngantri kamar mandi tetap digalakan untuk bersih diri😄
Kami meninggalkan Villa Cempaka pukul 17.30 WIB. Sebelumnya kami juga berencana mampir dulu ke masjid Cheng Ho untuk sholat maghrib. Setelah itu belanja oleh-oleh di sana.

Masjid Cheng Ho

Perjalanan dilanjutkan, dan kami sampai di Dojo dengan selamat.
Minasan, otsukaresama deshita. Tanoshikatta desu.
7
Kore kara mo yoroshiku onegaishimasu.8

 

Keterangan :

1. Selamat pagi semuanya!
2. Terima kasih makanannya. Enak loh!
3. Tapi nggak pa-pa kok.
4. Nostalgic; Kangen (saat-saat itu)
5. Benar-benar menyenangkan!
6. Selamat!
7. Terima kasih atas kerja samanya. Kegiatannya menyenangkan.
8. Mulai saat ini mohon kerja samanya.

 Sekian cerita dari kami. Apabila cerita kami menginspirasi Kenshi-kenshi yang lain untuk membuat acara yang lebih seru dari kami, silahkan. Kami tunggu cerita dari Dojo lain.

Kritik, saran, atau pun pertanyaan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s